Demografi Kota Juang Kab. Bireuen

BAB I
PROFIL KECAMATAN
LETAK GEOGRAFIS


NAMA KECAMATAN : KOTA JUANG
IBU KOTA KECAMATAN : KOTA BIREUEN
KABUPATEN : BIREUEN
PROVINSI : NANGGRO ACEH DARUSSALAM
LUAS KECAMATAN : 3456 Ha / 31,56 Km²
JUMLAH KEMUKIMAN : 4
JUMLAH GAMPONG : 23

BATAS-BATAS KECAMATAN

SEBELAH UTARA : KEC. KUALA
SEBELAH SELATAN : KEC. JULI
SEBELAH BARAT : KEC. JEUMPA
SEBELAH TIMUR : KEC. PEUSANGAN

Demografi Kota Juang Kab. Bireuen


PENDAHULUAN
1. Demografi dan Ilmu Kependudukan

Cermati kembali data-data kependudukan yang telah Anda dapatkan sebelumnya! Data-data tersebut merupakan suatu fenomena yang terjadi pada manusia. Fenomena pada manusia atau antroposfer sangat banyak dan kompleks. Setiap peristiwa pasti berpengaruh terhadap peristiwa lainnya. Fenomena antroposfer di permukaan bumi secara garis besar dapat dipelajari dalam dua ilmu yang telah berkembang saat ini. Demografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai dinamika penduduk yang dipengaruhi oleh kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan (migrasi). Dinamika atau perubahan penduduk itu dapat berupa pertambahan penduduk, ciri-ciri penduduk yaitu umur, jenis kelamin, komposisi penduduk, status perkawinan, kepadatan penduduk, dan lain-lain.

Sedangkan ilmu kependudukan adalah ilmu yang berusaha menjawab mengapa terjadi perubahan-perubahan variabel demografi. Ilmu kependudukan juga mempelajari penduduk yang berkaitan dengan kebutuhan hidupnya, seperti penduduk dengan sandang dan pangan,

serta penduduk dengan lingkungan. Dua pengertian tentang ilmu penduduk di atas jelas menunjukkan bahwa untuk mempelajari ilmu kependudukan diperlukan terlebih dahulu pengetahuan tentang demografi. Tetapi satu hal yang harus Anda ingat bahwa masalah kependudukan juga dipengaruhi oleh faktor alam atau fisik. Perhatikan kasus berikut.

Antroposfer berasal dari kata latin anthropos berarti manusia dan sphere berarti lapisan, sehingga antroposfer merupakan salah satu objek material geografi. Antroposfer berkaitan dengan segala perkembangan dan aktivitas manusia di permukaan bumi ini. Pembahasan manusia yang tinggal di permukaan bumi selanjutnya disebut penduduk meliputi pertumbuhan penduduk, migrasi penduduk, permukiman penduduk,dan ketenagakerjaan.

Dua pengertian tentang ilmu penduduk di atas jelas menunjukkan bahwa untuk mempelajari ilmu kependudukan diperlukan terlebih dahulu pengetahuan tentang demografi. Tetapi satu hal yang harus Anda ingat bahwa masalah kependudukan juga dipengaruhi oleh faktor alam atau fisik.

Karena laporan ini panjang, silahkan download disini

0 komentar

Post a Comment

1. Komentar dengan kata yang sopan
2. Tidak dibenarkan menempatkan link aktif
3. Ajukan pertanyaan yang berhubungan dengan artikel
Terima kasih atas perhatiannya.